Promo all new Ertiga dengan DP Rp. 19 Jt.an, New Carry Pick up DP Rp. 7 Jt.an, Karimun DP Rp. 8 Jt.an, Ignis DP Rp. 20 Jt.an, S Cross DP Rp. 40 Jt.an Promo all new Ertiga dengan DP Rp. 19 Jt.an, New Carry Pick up DP Rp. 7 Jt.an, Karimun DP Rp. 8 Jt.an, Ignis DP Rp. 20 Jt.an, S Cross DP Rp. 40 Jt.an Promo all new Ertiga dengan DP Rp. 19 Jt.an, New Carry Pick up DP Rp. 7 Jt.an, Karimun DP Rp. 8 Jt.an, Ignis DP Rp. 20 Jt.an, S Cross DP Rp. 40 Jt.an Promo all new Ertiga dengan DP Rp. 19 Jt.an, New Carry Pick up DP Rp. 7 Jt.an, Karimun DP Rp. 8 Jt.an, Ignis DP Rp. 20 Jt.an, S Cross DP Rp. 40 Jt.an Promo all new Ertiga dengan DP Rp. 19 Jt.an, New Carry Pick up DP Rp. 7 Jt.an, Karimun DP Rp. 8 Jt.an, Ignis DP Rp. 20 Jt.an, S Cross DP Rp. 40 Jt.an
Menu
Model
Beranda » berita promo » CATATAN SUZUKI INDONESIA DI TAHUN 2021: PRODUK & PELAYANAN BERKUALITAS JADI KUNCI HADAPI PANDEMI

CATATAN SUZUKI INDONESIA DI TAHUN 2021: PRODUK & PELAYANAN BERKUALITAS JADI KUNCI HADAPI PANDEMI

Dipublish pada 16 April 2022 | Dilihat sebanyak 81 kali | Kategori: berita promo, berita suzuki

Sebagai salah satu perusahaan otomotif yang memasarkan mobil, sepeda motor, dan mesin tempel kapal yang dipercaya publik, Suzuki Indonesia terus berupaya meningkatkan kualitas produk dan layanan bagi konsumen. Terangkum selama tahun 2021, Suzuki dapat bertahan dan mencatatkan penjualan yang positif meskipun di tengah pandemi yang masih melanda Indonesia.

PANGSA PASAR MOBIL SUZUKI MENINGKAT

Dengan wholesales sebanyak 91.793 unit, Suzuki berhasil mencatatkan peningkatan penjualan sebesar 39% apabila dibandingkan dengan tahun 2020. Sedangkan untuk retail sales, penjualan menembus angka 89.596 unit sehingga mampu meningkatkan penjualan sebesar 24% apabila dibandingkan dengan tahun 2020.

Kontribusi penjualan Suzuki tahun 2021 disumbang dari produk unggulan, yaitu New Carry, XL7, dan disusul oleh All New Ertiga. New Carry beri kontribusi 58% terhadap penjualan nasional Suzuki dengan capaian 52.854 unit wholesales dan 52.286 unit retail sales. Kontributor terbanyak kedua adalah XL7 yang menyumbang 18% terhadap penjualan Suzuki atau sebesar 16.090 unit secara wholesales. Sedangkan secara retail sales, XL7 menyumbang 16% terhadap penjualan Suzuki atau sebesar 14.640 unit. Disusul kemudian oleh All New Ertiga yang berkontribusi sebesar 12% dengan capaian 11.410 unit wholesales dan capaian 11.402 unit retail sales atau sebesar 13%.

Kami berterima kasih kepada konsumen yang mendukung Suzuki hingga saat ini. Berkat dukungan dan kepercayaan yang diberikan, Suzuki dapat mempertahankan kinerja perusahaan di tengah situasi yang sulit, serta terus meningkatkan pelayanan dan inovasi. Peningkatan penjualan Suzuki tahun 2021 juga memotivasi kami untuk mulai menghadirkan produk-produk baru yang unggul dan ramah lingkungan,” terang Dony Saputra, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales.

 

Peningkatan pangsa pasar Suzuki didukung banyaknya jaringan outlet sehingga memudahkan konsumen mendapatkan produk-produk Suzuki. Hingga Desember 2021, outlet Suzuki tercatat sebanyak 286 jaringan yang tersebar di seluruh Indonesia. Selain karena jumlah jaringan outlet, peningkatan ini juga didukung beragam produk baru yang dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Selama 2021, Suzuki telah meluncurkan produk terbaru, yaitu:

  1. New Carry Pick Up – Januari 2021
  2. All New Ertiga Suzuki Sport FF – November 2021

Jajaran mobil-mobil Suzuki telah banyak menerima penghargaan dari berbagai ajang dan institusi terpercaya. Hal ini semakin menguatkan kepercayaan konsumen kepada Suzuki. Berikut beberapa penghargaan yang diterima Suzuki selama 2021:

XL7

  • Best MPV Crossover – Otomotif Award
  • The Best Functionality Car – Carvaganza Editor’s Choice Award
  • Best Small MPV Crossover – Gridoto Award
  • Total Cost Ownership for Small MPV Crossover – Gridoto Award

 

New Carry Pick Up

  • Best Pick Up – OTOMOTIF Award

 

New Baleno

  • Total Cost Ownership for Small Hatchback – Gridoto Award

 

Jimny

  • Best Small SUV Resale Value – Gridoto Award

 

PENJUALAN FLEET SUZUKI 2021

Penjualan Suzuki di segmentasi fleet pada tahun 2021 mengalami peningkatan signifikan sebesar 71,2% apabila dibandingkan dengan tahun 2020. Kontributor tertinggi penjualan fleet pada tahun 2021 adalah New Carry yang menyumbang 4.389 unit atau mengalami pertumbuhan sebesar 47,7% apabila dibandingkan tahun 2020. Selanjutnya, di posisi kedua adalah All New Ertiga yang menyumbang penjualan Suzuki sebanyak 1.904 unit, dan disusul oleh XL7 yang menyumbang sebanyak 1.241 unit.

SEPEDA MOTOR MENGALAMI PENINGKATAN PENJUALAN DI TAHUN 2021

Kinerja penjualan sepeda motor tahun 2021 lalu tercatat sebanyak 18.380 unit secara wholesales. Raihan ini didukung kepercayaan konsumen terhadap model dan spesifikasi sepeda motor Suzuki. Penjualan ini didominasi oleh All New Satria F150 yang tercatat berkontribusi sebesar 41% terhadap penjualan nasional sepeda motor Suzuki. Kontributor kedua adalah NEX II yang berkontribusi sebanyak 29%, dan yang terakhir adalah GSX-R150 yang berkontribusi sebesar 18%.

Selama tahun 2021, Suzuki sukses meluncurkan Gixxer SF250 yang hadir pada bulan November. Lalu pada bulan Desember disusul dengan kehadiran produk baru yaitu All New Satria F150 yang mendapat penghargaan “Best Resale Value kategori Motor Bebek” dari Motorplus Award 2021. Hingga saat ini, terdapat 263 jaringan outlet 3S, 1S dan 2S yang tersebar di seluruh Indonesia dan akan terus bertambah seiring dengan meningkatnya minat konsumen masyarakat Indonesia terhadap sepeda motor milik Suzuki.

KINERJA PENJUALAN SUZUKI MARINE

Suzuki tidak hanya menjadi produsen mobil dan sepeda motor, melainkan melebarkan lini bisnisnya dengan mengoptimalkan Suzuki Marine yang memasarkan motor tempel untuk kapal atau outboard motor (OBM). Hadirnya Suzuki Marine menjadi salah satu inovasi Suzuki dalam mengembangkan usahanya di bidang transportasi air, pariwisata, nelayan dan industri perikanan.

Di tahun 2021, penjualan Suzuki Marine didominasi oleh mesin tempel 2-tak yang berkontribusi sebesar 76%. Selanjutnya disusul oleh mesin tempel 4-tak yang berkontribusi sebesar 24%. Hingga saat ini, tercatat sebanyak 18 jaringan main dealer dan dealer yang tersebar di seluruh Indonesia siap melayani kebutuhan konsumen akan mesin tempel kapal yang berkualitas. Ke depannya, Suzuki akan terus berupaya menambah jaringan diler ke daerah lain agar lebih luas lagi.

 

EKSPOR SUZUKI DIDOMINASI OLEH XL7 DAN KARIMUN WAGON R

Selama tahun 2021, ekspor Suzuki menunjukkan penjualan yang positif. Secara keseluruhan, penjualan ekspor Suzuki selama tahun 2021 sebesar 65.505 unit dengan total CBU sebanyak 43.653 unit dan CKD sebanyak 21.852 unit. Penjualan ekspor Suzuki di kategori CBU didominasi XL7 yang berkontribusi terhadap penjualan sebanyak 40,60%, kemudian penjualan di kategori CKD didominasi Karimun Wagon R yang berkontribusi sebanyak 96,65% terhadap total penjualan ekspor Suzuki.

Selama tahun 2021, Suzuki Indonesia mengekspor mobil ke 49 negara yang tersebar di berbagi benua seperti Asia, Amerika Selatan, Timur Tengah, Oseania, dan Afrika. Model mobil yang diekspor tersebut adalah All New Ertiga, XL7, New Carry Pick Up, APV, dan Karimun Wagon R.

Menurut Apriyanto, Production Planning Control Asst. to Dept. Head PT Suzuki Indomobil Motor, Suzuki merupakan merk yang mampu bertahan di tengah pandemi Covid-19. “Kinerja ekspor otomotif nasional tahun 2021 memang mengalami perlambatan karena terdampak pandemi Covid-19, termasuk ekspor mobil. Namun, meski semua merk mengalami penurunan ekspor, tapi Suzuki adalah merk dengan penurunan ekspor mobil paling minim di antara kompetitor di industri otomotif nasional,” ungkapnya.

Selain mobil, Suzuki juga melakukan ekspor sepeda motor dengan penjualan sebanyak 133.385 unit selama tahun 2021. Penjualan ekspor kategori CBU sebanyak 40.025 unit, dan kategori CKD sebanyak 93.360 unit. All New Satria menjadi kontributor tertinggi dengan berkontribusi sebesar 32,6%, kemudian Satria berkontribusi sebesar 25,3%, dan NEX & NEX II berkontribusi sebesar 12,3%. Suzuki mengekspor sepeda motornya ke 37 negara dengan model sepeda motor seperti All New Satria, Satria, GSX-R 150, GSX-R 125, GSX-S 150, GSX-S 125, Nex II, Nex, Address, dan Smash.

LAYANAN PURNAJUAL DAN SUKU CADANG SUZUKI SEMAKIN DIPERCAYA KONSUMEN

Selain menghadirkan produk berkualitas, Suzuki juga memiliki layanan purnajual dan suku cadang. Meningkatnya jumlah layanan purnajual Suzuki menunjukkan bahwa layanan purnajual terus diminati oleh pelanggan. Selama tahun 2021, Suzuki mencatatkan layanan purnajual mobil sebanyak 954.997 unit intake di 234 bengkel resmi, layanan purnajual motor sebanyak 329.340 unit intake di 226 bengkel resmi sepeda motor, dan layanan purnajual mesin tempel kapal sebanyak 6.068 unit intake di 74 bengkel Suzuki Marine.

Peningkatan penjualan produk maupun layanan purnajual merupakan buah dari pelayanan yang dihadirkan oleh Suzuki Indonesia. Pelayanan tersebut di antaranya program servis untuk konsumen yang dapat dengan mudah dilakukan melalui online booking di website www.suzuki.co.id, kemudian Suzuki juga menyediakan home service, dan 24-hour Suzuki Emergency Roadside Assistance.

Selain layanan purnajual, Suzuki juga memiliki suku cadang resmi yang terdiri dari Suzuki Genuine Parts (SGP), Suzuki Genuine Accessories (SGA), dan Oli Ecstar yang penjualannya meningkat apabila dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Penjualan suku cadang outboard motor (OBM) mengalami pertumbuhan sebesar 14,6% jika dibandingkan tahun 2020. Sedangkan penjualan suku cadang mobil bertumbuh sebesar 7,5%, dan penjualan suku cadang sepeda motor juga bertumbuh sebesar 7,5%.

Pelanggan juga dapat melakukan pembelian suku cadang secara daring melalui aplikasi MySuzuki. MySuzuki adalah apikasi mobile yang dapat diunduh di play store maupun apps store dan memudahkan dalam bertransaksi. Kinerja My Suzuki catatkan penjualan yang positif selama tahun 2021 dengan total peningkatan sebesar 56,2% dari tahun sebelumnya. Peningkatan penjualan MySuzuki tertinggi sebesar 143,3% untuk suku cadang mobil, disusul oleh peningkatan penjualan suku cadang sepeda motor sebesar 41.3%.

AUTO VALUE DAN SUZUKI INSURANCE

Suzuki juga memiliki layanan tukar tambah mobil yang dinamakan Auto Value. Pelanggan dapat melakukan tukar tambah mobil lama dengan mobil Suzuki yang baru. Suzuki memiliki 6 outlet layanan Auto Value yang tersebar di beberapa titik yaitu Auto Value Pulogadung, Gading Serpong, Surabaya, Hasyim Ashari, Cirebon, dan Bangka.

Selain Auto Value, Suzuki juga memiliki layanan Suzuki Insurance yang dapat meng-cover 223 outlet dari 32 diler yang tersebar di Jawa (Jabodetabek), Bali, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Selama tahun 2021, Suzuki mencatatkan kenaikan angka pemegang polis menjadi sebanyak 2.892 polis.

KEGIATAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DI TAHUN 2021

Selain menjual mobil, sepeda motor, dan outboard motor (OBM), Suzuki juga melakukan berbagai kegiatan sosial baik di bidang pendidikan, lingkungan, hingga kesehatan. Selama tahun 2021, Suzuki telah melaksanakan berbagai kegiatan CSR di berbagai wilayah di Indonesia. Kegiatan-kegiatan tersebut di antaranya adalah Suzuki Peduli Nelayan yang bertujuan mengedukasi nelayan mengenai aspek keselamatan dan Suzuki Peduli Pendidikan dengan memberikan donasi alat ukur dan mesin eks produksi untuk siswa SMK.

Di bidang lingkungan, setiap tahun Suzuki menggelar acara Suzuki Peduli Lingkungan dengan melakukan berbagai kegiatan dengan tema “Clean Up The World”. Terakhir, sebagai bentuk kepedulian Suzuki terhadap masyarakat luas, Suzuki memberikan donasi oxygen concentrator dalam rangka membantu pemerintah dalam memulihkan pasien Covid-19.

RENCANA SUZUKI DI 2022

Di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, di tahun 2022 Suzuki akan terus melakukan berbagai upaya untuk memberikan dampak positif terhadap pasar otomotif nasional. Di tahun 2022, Suzuki menargetkan penjualan mobil secara keseluruhan dapat menguasai 12% pangsa pasar dari estimasi total pasar  dari GAIKINDO. Kemudian, Suzuki juga menargetkan kenaikan ekspor sebanyak 10% baik untuk CKD maupun CBU dengan jumlah negara yang nantinya juga akan ditambahkan. Sedangkan untuk sepeda motor, di tahun 2022 Suzuki akan berupaya untuk meningkatkan penjualan sebesar 63% jika dibandingkan tahun 2021. Salah satu caranya adalah dengan menerapkan strategi baru dimana dalam penentuan produk sepeda motor baru Suzuki yang nantinya akan diperkenalkan dan dipasarkan tidak selalu menjadi follower di segmen pasar yang telah ada.

 

Untuk suku cadang dan purnajual, Suzuki akan terus menghadirkan produk berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan dan layanan baru untuk mendukung kenyamanan konsumen. Ke depannya, jaringan yang dimiliki oleh Suzuki juga akan terus ditingkatkan, kualitas SDM akan terus dioptimalkan, dan program penjualan akan terus dihadirkan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap produk dan layanan Suzuki Indonesia.

 

Fokus lainnya di tahun 2022 adalah Suzuki Smart Hybrid. Dengan keunggulannya yang lebih ramah lingkungan, hemat bahan bakar, dan harganya terjangkau, Suzuki Smart Hybrid akan menjadi produk unggulan Suzuki yang akan segera diluncurkan ke publik.

 

Selama pandemi Covid-19, Suzuki juga akan terus menerapkan Suzuki Hygiene Commitment (SHC) melalui penerapan 3M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan), melakukan penyemprotan disinfektan, serta protokol kesehatan lainnya di setiap unit kerjanya mulai dari pabrik, kantor, hingga outlet. Semua upaya tersebut merupakan tanggung jawab Suzuki dalam memastikan kepuasan konsumen serta komitmen Suzuki untuk terus berkontribusi secara aktif dan positif untuk Indonesia.

Bagikan

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Artikel Menarik Lainnya

PRODUK BUATAN DALAM NEGERI DOMINASI PENJUALAN SUZUKI TAHUN 2020

Dipublish pada 20 Januari 2021 | Dilihat sebanyak 335 kali | Kategori: Otomotif

Jakarta, 13 Januari 2021 – Di saat pasar kendaraan roda empat nasional turun sekitar 50% pada tahun 2020, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mampu bertahan cukup baik pada periode Januari-Desember 2020 dengan raihan wholesales 65,9% dan retail sales 70,4% jika dibandingkan dengan performa periode yang sama tahun 2019. Kendaraan... selengkapnya

CATATAN SUZUKI INDONESIA DI TAHUN 2021: PRODUK & PELAYANAN BERKUALITAS JADI KUNCI HADAPI PANDEMI

Dipublish pada 16 April 2022 | Dilihat sebanyak 81 kali | Kategori: berita promo, berita suzuki

Sebagai salah satu perusahaan otomotif yang memasarkan mobil, sepeda motor, dan mesin tempel kapal yang dipercaya publik, Suzuki Indonesia terus berupaya meningkatkan kualitas produk dan layanan bagi konsumen. Terangkum selama tahun 2021, Suzuki dapat bertahan dan mencatatkan penjualan yang positif... selengkapnya

SUZUKI CLUB REAKSI CEPAT (SCRC) Cegah Penyebaran Covid-19 Lewat Donasi dan Penyemprotan Disinfektan

Dipublish pada 10 April 2020 | Dilihat sebanyak 568 kali | Kategori: berita suzuki

Jakarta, 7 April 2020 – Dunia saat ini sedang bersama-sama melawan Covid-19. Begitu juga dengan Indonesia. Berkontribusi membantu masyarakat dan pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19, Suzuki Club Reaksi Cepat (SCRC) bersinergi dengan IOF (Indonesia Off-road Federation), BPPD Bekasi, Pramuka Peduli... selengkapnya