Selamat datang di Dealer Resmi Suzuki Mobil Bojonegoro
Beranda » berita suzuki » TIPS HINDARI KACA MOBIL BERJAMUR

TIPS HINDARI KACA MOBIL BERJAMUR

Dipublish pada 22 Januari 2022 | Dilihat sebanyak 251 kali | Kategori: berita suzuki, tips dan trik

Musim hujan seperti saat ini biasanya mempengaruhi kenyamanan berkendara, terutama pada bagian yang berkaitan dengan visibilitas, seperti kaca mobil. Kebersihan kaca mobil sangat penting untuk diperhatikan, serta disarankan terbebas dari kotoran dan jamur agar tidak mengganggu jarak pandang. PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) mengimbau kepada pengendara untuk rutin merawat kaca mobil agar terhidar dari jamur.

Menurut Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT SIS, munculnya jamur pada kaca mobil disebabkan air yang menempel pada kaca dan kemudian mengering dengan sendirinya setelah terkena panas atau sinar matahari, sehingga akan berbekas seperti kerak yang menempel. Kondisi yang kurang menyenangkan tersebut dapat diketahui dan dihindari melalui beberapa tips yang mudah dilakukan, antara lain:

  1. Kondisi kaca mobil berjamur mudah diketahui pada malam hari

Pengendara harus memastikan bahwa kaca mobil dalam keadaan bersih jika ingin mengidentifikasi tanda-tanda adanya jamur pada kaca mobil. Apabila jarak pandang pengendara saat melihat objek lain pada malam hari kurang jelas, kondisi tersebut kemungkinan mengindikasikan bahwa kaca mobil berjamur.

  1. Cek kondisi dari kaca mobil secara langsung

Apabila ingin mengetahui secara langsung, pengendara dapat mencuci mobil seperti biasa. Setelah bersih dan kering,  pengendara bisa melakukan pengecekan secara langsung dengan melihat dan memperhatikan detail dari kaca mobil tersebut. Apabila terdapat bercak-bercak putih yang terkesan menempel dan tidak hilang walaupun sudah dilap sampai bersih, maka itulah jamur kaca yang dapat menggangu jarak pandang pengendara.

  1. Membersihkan mobil setelah terkena air hujan

Air hujan mengandung pH cenderung asam yang dapat mempengaruhi kondisi permukaan kaca mobil. Cara terbaik untuk menghindari munculnya jamur adalah dengan segera mencuci dan mengeringkan mobil yang baru terkena hujan dengan lap bersih.

  1. Menggunakan pembersih khusus jamur kaca

Apabila kaca mobil terindikasi berjamur, pengendara dapat menghilangkannya dengan menggunakan cairan kimia pembersih khusus untuk perawatan kaca. Pembersih tersebut selain dapat menghilangkan bercak-bercak jamur pada kaca mobil, sekaligus mengembalikan kondisi kaca menjadi jernih kembali. Perlu diingat, pemilihan produk pembersih yang berkualitas baik dan tepat akan memberikan hasil yang optimal.

“Kaca mobil yang berjamur dapat mengurangi visibilitas sehingga meningkatkan potensi kecelakaan. Selain itu, jamur pada kaca juga mengurangi estetika kendaraan dan dapat mengurangi nilai jual kembali kendaraan. Langkah-langkah pencegahan kaca berjamur di atas dapat dilakukan secara mandiri. Namun, untuk perawatan yang lebih besar dan perawatan berkala, konsumen kami rekomendasikan untuk membawa mobilnya ke bengkel resmi Suzuki terdekat agar ditangani oleh teknisi berpengelaman,” kata Hariadi.

Suzuki menyediakan layanan Home Service, Pick-Up Service, dan Suzuki Emergency Roadside Assistance (SERA) yang dapat diakses melalui Halo Suzuki di nomor 0800-1100-800. Selain bengkel resmi dan Halo Suzuki, terdapat juga aplikasi MySuzuki dan website www.suzuki.co.id untuk keperluan belanja suku cadang kendaraan secara online.

Bagikan ke

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Artikel Lainnya

CATATAN SUZUKI INDONESIA DI TAHUN 2021: PRODUK & PELAYANAN BERKUALITAS JADI KUNCI HADAPI PANDEMI

Dipublish pada 16 April 2022 | Dilihat sebanyak 290 kali | Kategori: berita promo, berita suzuki

Sebagai salah satu perusahaan otomotif yang memasarkan mobil, sepeda motor, dan mesin tempel kapal yang dipercaya publik, Suzuki Indonesia terus berupaya meningkatkan kualitas produk dan layanan bagi konsumen. Terangkum selama tahun 2021, Suzuki dapat bertahan dan mencatatkan penjualan yang positif... selengkapnya

Ini Alasan Suzuki Ngotot Tolak Permintaan Toyota yang Mau Bikin Kembaran Jimny

Dipublish pada 13 Januari 2024 | Dilihat sebanyak 70 kali | Kategori: berita suzuki

Suzuki dikabarkan menolak permintaan Toyota yang ingin membuat kembaran Suzuki Jimny. Menurut Suzuki, Jimny adalah produk ikonik Suzuki, yang tidak boleh dibuat versi kembarannya. Selain Jimny, Suzuki juga menolak permintaan Toyota yang mau bikin kembaran Swift. Selama ini Suzuki dikenal... selengkapnya

KEIKUTSERTAAN SUZUKI DI JAPAN MOBILITY SHOW 2023

Dipublish pada 3 November 2023 | Dilihat sebanyak 86 kali | Kategori: berita suzuki

Suzuki Motor Corporation turut berpartisipasi di Japan Mobility Show 2023 (diselenggarakan oleh Asosiasi Produsen Mobil Jepang atau Japan Automobile Manufacturers Association), yang diadakan di Tokyo Big Sight mulai 26 Oktober hingga 5 November 2023. Tema booth Suzuki adalah “Answers for... selengkapnya

Dwi Indra
Sales Executive
error: maaf konten protected !!